Jokowi Apresiasi Kerja Sama Maritim Indonesia-Australia

Jokowi Apresiasi Kerja Sama Maritim Indonesia-Australia
Suasana pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan PM Australia Malcolm Turnbull di International Convention Centre, Sydney, pada Sabtu (17/3). Foto Biro Pers

jpnn.com, SYDNEY - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Pertemuan dilakukan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Australia Special Summit 2018 di International Convention Centre, Sydney, pada Sabtu (17/3).

Dalam pertemuan tersebut dibahas isu bilateral antara Indonesia dengan Australia.

Poin pertama yang dibahas dalam isu ini adalah hasil pertemuan 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara yang diselenggarakan Jumat (16/3) terkait bidang maritim.

Jokowi menyambut baik hasil pertemuan tersebut.

"Saya berharap penandatanganan rencana aksi kerja sama maritim dapat segera diimplementasikan. Kedua Menlu juga sudah melakukan tukar pikiran mengenai konsep arsitektur kawasan Indo-Pasifik. Saya berharap konsultasi mengenai Indo-Pasifik dilanjutkan demi terciptanya stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik," kata Jokowi.

Kesempatan itu juga digunakan Jokowi untuk membicarakan membahas mengenai Indonesia-Australia Comprehensive Economy Partnership Agreement (IA-CEPA). Seperti diketahui, negosiasi terakhir mengenai IA-CEPA dilakukan 6-7 Maret lalu.

"Terdapat kemajuan namun memang belum selesai semuanya. Hasil akhir negosiasi harus memastikan keuntungan bagi dua negara. Negosiasi ini jangan hanya dilihat dari aspek komersial saja namun perlu pula menekankan kemitraan dan kerja sama," lanjutnya.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News