Perayaan Natal Nasional 2018

Jokowi: Keberagaman Sebagai Sumber Kekuatan

Jokowi: Keberagaman Sebagai Sumber Kekuatan
Presiden Jokowi saat menghadiri Perayaan Natal Nasional 2018 di Medan, Sumut, Sabtu (29/12). Presiden mengajak jemaat untuk selalu menjaga persatuan, kerukunan, persaudaraan dan merawat perdamaian. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Perayaan Natal Nasional Tahun 2018 di Gedung Serbaguna T. Rizal Noordin, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara pada Sabtu (29/12).

Jokowi dalam sambutannya mengatakan Tuhan menganugerahi bangsa Indonesia dengan rasa persaudaraan, cinta kasih, dan persatuan yang tinggi. Karena itu, keragaman yang dimiliki ini hendaknya tidak dipandang sebagai sumber perpecahan, tetapi sebagai sumber potensi besar dan kekuatan.

“Aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, kerukunan, dan persaudaran. Dan persatuan yang bersumber dari keragaman bangsa kita, Indonesia, adalah kekuataan kita, yang tidak mudah dikalahkan oleh siapa pun, karena persatuan kita sangat kuat," kata Jokowi.

Jokowi: Keberagaman Sebagai Sumber Kekuatan

Presiden ketujuh RI itu mengajak semua pihak untuk terus menjaga, merawat, dan mensyukuri anugerah Tuhan berupa keragaman dan persatuan tersebut dengan saling menghormati, menghargai, membantu, dan mengasihi.

"Karena di mana ada si Rungguk, di situ ada si Tata. Di mana pun kita duduk, di situ selalu ada Tuhan Yang Maha Esa," ucap Presiden berpantun.

Di penghujung sambutannya, Kepala Negara kembali melontarkan sebuah pantun untuk mengucapkan selamat Natal dan tahun baru.

"Terletak di tanah batang ubi jadi tunas, terletak di tanah besi jadi karat. Selamat Natal tahun 2018 dan sekaligus saya mengucapkan selamat tahun baru 2019. Kiranya damai, sejahtera, selalu hadir di negara kita Indonesia," kata suami Iriana.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini antara lain, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menurut Jokowi, Tuhan menganugerahi bangsa Indonesia dengan rasa persaudaraan, cinta kasih, dan persatuan yang tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News