Jokowi Kembali Tegaskan Tak Ada Keharusan Sekolah Terapkan Full Day School

Jokowi Kembali Tegaskan Tak Ada Keharusan Sekolah Terapkan Full Day School
Suasana saat Presiden Joko Widodo berpidato sebelum membagikan 1.725 Kartu Indonesia Pintar di SMP Negeri 7 Jember, Minggu (12/8). Foto Setpres for JPNN

jpnn.com, JEMBER - Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa tidak ada keharusan bagi sekolah di seluruh Tanah Air untuk menerapkan program pendidikan karakter lima hari sekolah atau full day school (FDS).

Penegasan tersebut disampaikan Jokowi-sapaan presiden seusai membagikan 1.725 Kartu Indonesia Pintar di SMP Negeri 7 Jember, Minggu (12/8).

"Mengenai lima hari sekolah. Perlu saya sampaikan, perlu saya tegaskan lagi bahwa tidak ada keharusan untuk lima hari sekolah. Jadi tidak ada keharusan full day school. Supaya diketahui," tegasnya.

Meski demikian, mantan gubernur DKI Jakarta itu tetap memberikan izin kepada sekolah-sekolah yang telah menerapkan kebijakan full day school. Namun dengan syarat, kebijakan tersebut harus diterima oleh masyarakat dan para tokoh agama setempat.

"Yang selama ini enam hari silakan lanjutkan. Tidak perlu berubah sampai lima hari. Yang sudah lima hari dan itu kalau memang diinginkan oleh semua pihak ya silakan diteruskan. Kalau diinginkan oleh masyarakat dan ulama silakan," tambahnya.

Diketahui dalam dua pekan terakhir penolakan terhadap FDS semakin masif. Menariknya, hal itu dilakukan oleh pengurus Nahdlatul Ulama di berbagai daerah.(fat/jpnn)

 


Untuk kesekian kalinya Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa tidak ada keharusan bagi sekolah di seluruh Tanah Air untuk menerapkan program


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News