Jokowi Menang Banyak di Debat Capres Karena 6 Hal Ini

Jokowi Menang Banyak di Debat Capres Karena 6 Hal Ini
BERSALAMAN: Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersalaman saat debat kedua kontestan Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dan doktor ilmu politik Denny JA menyebut ada enam hal yang membuat petahana Joko Widodo memenangkan kembali debat capres kedua melawan Prabowo Subianto.

"Jika diringkas. Jokowi menang debat karena menguasai bahan. Sementara Prabowo menguasai lahan (ratusan hektar tanah di Kalimantan dan Aceh yang diungkapkan Jokowi dalam debat)," tutur Denny.

 

Denny mengaku menonton debat itu bersama tim peneliti, mendiskusikan tak hanya substansi debat, tapi juga teknik berdebat dan gaya berkomunikasi. Dari enam hal ini, menurutnya, Jokowi kembali unggul dari Prabowo.

1.  Jokowi lebih tahu lapangan

Ketika Prabowo menyatakan akan membuat BUMN yang akan memberdayakan nelayan, dengan enteng Jokowi menjawab bahwa pemerintah saat ini sudah punya BUMN bernama Perindo dan Perinus yang memang dibuat untuk nelayan.

2.  Jokowi lebih sistematis soal solusi

Prabowo masih normatif dan umum saja soal rencana mendorong industri digital. Jokowi memaparkan data dari 7 start up Unicorn usaha digital ASEAN. Empat di antaranya ada di Indonesia. Sudah disiapkan Palapa Ring, 4G dan deregulasi.

Debat capres kedua antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih menjadi sorotan publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News