Jokowi: Pastikan Betul Semua Desa Menerima Dana Desanya

Jokowi: Pastikan Betul Semua Desa Menerima Dana Desanya
Presiden Jokowi. Foto: Radar Solo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua dana desa tahun 2017 harus tersalurkan dan tepat sasaran.

Ini disampaikannya saat memimpin rapat terbatas membahas percepatan pembangunan desa di kantor Kepresidenan, Rabu (29/3).

Dalam rapat itu, Jokowi menyampaikan pada tahun 2016 masih ada 4 kabupaten dan kota yang dana desanya tidak cair dari rekening kas umum negara ke kas daerah karena keterlambatan di pemda.

"Dan ada 241 desa yang belum menerima dana desa karena berbagai faktor. Saya minta masalah ini bisa segera diatasi. Dan tahun 2017 ini, saya minta dipastikan betul semua desa bisa menerima dana desa," ujar Jokowi.

Percepatan pembangunan desa menurutnya harus diprioritaskan. Sebab, pemerintah terus menambah alokasi dana desa sejak 2015 hingga 2017 dalam jumlah signifikan.

Pada tahun 2015, dialokasikan Rp 20,76 triliun. Angkanya naik lagi menjadi Rp 46,98 T pada tahun 2016. Dan pada 2017 ini jumlahnya sebesar 60 triliun.

"Saya titip pesan, agar penyaluran dan pemanfaatan dana desa tersebut bisa betul-betul efektif, sehingga memberikan manfaat bagi warga di desa terutama pada penurunan jumlah penduduk miskin di pedesaan," tegasnya.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua dana desa tahun 2017 harus tersalurkan dan tepat sasaran.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News