Jokowi: Penggunaan Produk Dalam Negeri Harus Konsisten

Jokowi: Penggunaan Produk Dalam Negeri Harus Konsisten
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran kementerian dan lembaga maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara konsisten menggunakan produk dalam negeri dalam pelaksanaan proyek barang dan jasa, maupun sektor industri.

Jokowi menegaskan hal itu saat membuka rapat terbatas membahas evaluasi implementasi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/8).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, TKDN harus memberi kontribusi terhadap penguatan industri nasional, terbukanya lapangan pekerjaan, transfer teknologi dan menggerakkan perekonomian.

"Saya minta agar TKDN harus ditempatkan sebagai kebijakan strategis yang harus dijalankan secara konsisten, bukan sekadar kebijakan teknis, administratif, pelengkap syarat dalam proses pengadaan barang dan jasa,” kata Jokowi.

Konsistensi pemerintah dalam menjalankan kebijakan TKDN, menurutnya bukan hanya penting untuk mengurangi ketergantungan pada produk-produk impor, tapi juga bisa mendorong masuknya investasi di sektor industri subtitusi impor.

"Saya masih melihat, di BUMN-BUMN terutama yang gede-gede ini masih banyak yang belum melihat TKDN. Saya ingin menekankan bahwa untuk urusan TKDN akan saya ikuti baik lewat BPKP maupun lewat cara yang lain," tambahnya.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran kementerian dan lembaga maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara konsisten menggunakan produk dalam


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News