Jokowi Resmikan Tiga Kawasan Ekonomi Khusus

Jokowi Resmikan Tiga Kawasan Ekonomi Khusus
Foto Biro Pers Setpres - Presiden Jokowi meresmikan tiga KEK sebelum meninggalkan Manado, Senin (1/4).

jpnn.com, MANADO - Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) beserta infrastruktur pendukung sarana pendidikan, di tiga provinsi. Peresmian dilangsungkan di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara, sebelum bertolak menuju Provinsi Papua, Senin (1/4).

Ketiga KEK tersebut ialah KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Morotai di Maluku Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur. Sementara infrastruktur pendukung sarana pendidikan yang turut diresmikan ialah rumah susun Institut Agama Islam Negeri Manado dan rumah susun Universitas Kristen Tomohon.

"Ini sudah mulai (pembangunannya). Tadi saya tanya ke Pak Gubernur, yang di Bitung sudah mulai kemudian banyak investor baru yang antre di situ. Morotai tadi Pak Gubernur Maluku Utara juga sudah menyampaikan sudah dimulai di sana," kata Jokowi usai peresmian.

BACA JUGA: Proyek Tol Manado - Bitung Selesai Oktober

Pembangunan sejumlah KEK di kawasan timur Indonesia ini, diharapkan akan muncul pemerataan pembangunan, sekaligus memajukan perekonomian setempat yang kebanyakan bergantung pada industri pengolahan bahan baku dan pariwisata.

"Kita harapkan yang dulunya kita selalu mengekspor ke luar negeri itu dalam bentuk bahan mentah, nantinya ada pengolahan industri di dalam negeri baik untuk perikanan, kelapa sawitnya, dan produk-produk perkebunan yang lain, termasuk di dalamnya pariwisata," ucap Jokowi.

Selain itu, dengan banyaknya investasi yang masuk ke wilayah tersebut seiring dengan pembangunan KEK, lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat juga diperkirakan akan terbuka lebar. Dengan begitu masyarakat setempat akan turut merasakan hasil dari pembangunan tersebut.

"Industri pengolahan, industri-industri yang lain, pabrik-pabrik, akan buka di kawasan-kawasan industri ini sehingga kita harapkan terbuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," tuturnya.

Ketiga KEK tersebut ialah KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Morotai di Maluku Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News