Jumlah Pendaftar Sekolah Kedinasan Meningkat

Jumlah Pendaftar Sekolah Kedinasan Meningkat
Sejumlah Praja IPDN menyambut tamu pada pengukuhan pamong praja muda lulusan IPDN Angkatan XXIV/2017 di Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (8/8). Foto: Ken Girsang/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Total pendaftar sekolah kedinasan tahun ini tercatat mencapai 323.669 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak 284.697 orang.

Sekolah kedinasan paling favorit dengan jumlah pelamar terbanyak adalah Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Jumlah pelamar di sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini mencapai 147.702 orang dengan kuota 7.301 kursi.

Disusul berikutnya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) milik Kemendagri dengan jumlah pendaftar 46.062 orang (kuota 2.000 kursi). Politeknik Statistik milik Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi terbanyak ketiga dengan jumlah pelamar 17.886 orang (kuota 100 kursi).

Sekolah kedinasan dengan pelamar paling sedikit adalah Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya yang berjumlah 899 orang (kuota 192 kursi).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan ada beberapa penyebab kenaikan jumlah pendaftar sekolah kedinasan tahun ini.

Di antaranya adalah meningkatnya minat generasi muda untuk menjadi calon aparatur sipil negara (ASN) atau PNS. ’’Peningkatan minat ini menunjukkan kepercayaan publik terhadap proses rekrutmen yang semakin bersih dari segala praktek KKN,’’ katanya kemarin. Diketahui, pendaftaran sekolah kedinasan yang terpusat dan online resmi ditutup Senin malam (30/4) lalu.

Herman menjelaskan pendaftaran sekolah kedinasan yang serentak, online, dan terpusat melalui SSCN (sistem seleksi CPNS nasional) Badan Kepegawaian Negara (BKN) diharapkan menekan potensi pendaftaran lewat ’’pintu belakang’’.

Penyebab kenaikan jumlah pelamar berikutnya disebabkan ada sekolah kedinasan yang baru bergabung dengan SSCN BKN. Total ada sepuluh sekolah kedinasan yang baru bergabung dan selurunya di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Jumlah pendaftar sekolah kedinasan tahun ini mengalami peningkatan, terbanyak PKN STAN, IPDN, dan Politeknik Statistik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News