Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Turun 24,22 Persen

Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Turun 24,22 Persen
Beberapa tenant di ruang tunggu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Sepinggan tampak tutup baru-baru ini. Foto: ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Jumlah penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, tergerus akibat beroperasinya Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda.

PT Angkasa Pura I Bandara SAMS mencatat pada periode Januari-Februari 2019, ada penurunan penumpang hingga 24,22 persen.

General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, jumlah penumpang pada Januari–Februari 2019 hanya sebanyak 897.829 orang. Turun drastis jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1.184.744 penumpang.

Tak hanya penumpang, pergerakan pesawat pada periode tersebut juga turun. Yakni sebanyak 9.231 penerbangan atau turun hingga 13,77 persen. Tahun lalu di periode yang sama sebanyak 10.705 penerbangan. Begitupun untuk kargo, turun 17,14 persen. Tahun ini hanya sebesar 8.383.900 kg, sementara pada 2018 di periode yang sama sebanyak 10.188.123 kg.

BACA JUGA: Jumlah Penumpang Pesawat Menyusut juga karena Tol Trans Jawa?

Untuk meningkatkan kinerja dan jumlah penumpang, perseroan pelat merah ini berencana mengembangkan rute baru yang potensial.

“Dari berbagai bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I juga tercatat penurunan pertumbuhan di low season ini. Ada banyak faktor ya. Salah satunya harga tiket pesawat yang sedang naik,” ujarnya, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Ia menjelaskan, penurunan penumpang juga dipengaruhi beralihnya penumpang ke Bandara APT Pranoto, Samarinda. Selain masyarakat Samarinda, penumpang dari Kutai Timur, Bontang, dan Kutai Kartanegara juga memilih memanfaatkan bandara yang baru diresmikan tahun lalu tersebut. Akibatnya beberapa rute dari Bandara SAMS Sepinggan tidak beroperasi.

Beroperasinya Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda benar-benar menggerus jumlah penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News