Jumlah PNS Malah Bertambah

Jumlah PNS Malah Bertambah
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - PALEMBANG – Belakangan lagi ramai wacana rasionalisasi PNS dengan cara memensiunkan dini. Tapi yang akan terjadi di tingkat pemerintah provinsi bukannya jumlah pegawai berkurang.

Sebaliknya, justru akan bertambah. Pada 2015 jumlah PNS hanya sekitar 7.200 dan pada Oktober 2016 akan bertambah menjadi 17 ribu PNS. Ini setelah adanya pelimpahan status guru PNS dari kabupaten/kota.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Muzakir mengatakan, yang sudah pasti jumlah PNS akan bertambah. Pasalnya, kebijakan rasionalisasi masih wacana. 

”Lah kan belum ada aturan bagaimana mau melakukan itu (rasionalisasi, red). Kondisi serupa pun berlaku seluruh Indonesia,”katanya, kemarin.     

Menurut dia rencana rasionalisasi tersebut memang sudah ada sejak tahun lalu. Namun hingga saat ini belum juga terlaksana. Lantaran belum ada aturan jelas.  

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Mukti Sulaiman menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis rasionalisasi PNS.

Di samping itu, kata dia, pihaknya juga nanti akan mengajukan terlebih dahulu data berapa PNS per kabupaten/kota saat ini. "Dari data tersebut, nanti dilihat bagian mana yang kurang dan  mana yang berlebihan," katanya. (yun/sam/jpnn)


PALEMBANG – Belakangan lagi ramai wacana rasionalisasi PNS dengan cara memensiunkan dini. Tapi yang akan terjadi di tingkat pemerintah provinsi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News