Jumlah Sekolah Gelar UNBK Naik Lebih 100 Persen

Jumlah Sekolah Gelar UNBK Naik Lebih 100 Persen
Siswa mengikuti Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sekitar dua bulan lagi akan digelar ujian nasional (UN). Secara keseluruhan, tahap verifikasi sekolah penyelenggara dan peserta sudah selesai.

Hasilnya, berdasarkan data panitia UN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim, total peserta tahun ini mencapai 107.886 peserta.

Angka itu tersebar dari mulai jenjang pendidikan SMP, SMA/MA/SMK, hingga peserta kesetaraan paket C.

Sekretaris Disdikbud Kaltim, Sudirman, mengatakan bahwa pendataan peserta UN se-Kaltim 2017 rampung sejak 30 Januari. Namun, baru diumumkan pada Jumat (17/2), bertepatan pada saat sosialisasi dan koordinasi UN bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Samarinda.

"Sempat terkendala karena faktor pelimpahan wewenang pendidikan. Tapi, saya jamin semua berjalan mulus dan sejauh ini belum ada kendala berarti lainnya yang mengganggu tahapan UN secara keseluruhan," ucap Sudirman.

Dia mengungkapkan, UN tahun ini mengalami beberapa perubahan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Seperti program perluasan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Terjadi peningkatan drastis sekolah penyelenggara dan peserta UNBK se-Kaltim. Kenaikannya mencapai lebih dari 100 persen.

Meskipun belum merata di semua kabupaten/kota dan masih fokus di daerah perkotaan, seperti Samarinda, Balikpapan, dan Bontang. Adapun Mahakam Ulu tidak menggelar UNBK.

Sekitar dua bulan lagi akan digelar ujian nasional (UN). Secara keseluruhan, tahap verifikasi sekolah penyelenggara dan peserta sudah selesai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News