Jurus Bang Ara Semangati Generasi Muda HKBP agar Tangguh

Jurus Bang Ara Semangati Generasi Muda HKBP agar Tangguh
Legislator PDIP yang juga Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait (tengah) dalam seminar di HKBP Taman Mini, Jakarta Timur, Minggu (15/7). Foto: istimewa for JPG

jpnn.com, JAKARTA - Politikus muda PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengajak kalangan muda dan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Taman Mini, Jakarta Timur tak segan-segan berpolitik. Menurutnya, hal penting dalam politik adalah konsistensi dan kegigihan berupaya demi membawa kebaikan bagi banyak orang.

Ara -panggilan Maruarar- menyampaikan ajakannya saat menjadi pembicara pada seminar bertema Generasi Muda HKBP yang Mandiri dan Berkualitas di Auditorium HKBP Taman Mini, Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (15/7). Di hadapan ratusan peserta seminar, anggota DPR itu legislator PDIP di DPR RI itu dalam paparannya menceritakan hal yang mendorongnya terjun ke politik.

Semula, Ara yang juga putra politikus senior Sabam Sirait merasakan betul praktik politik di era Orde Baru. Namun, Sabam selalu menggembleng Ara agar berpolitik secara baik dan mendorong demokrasi.

“Beliau (Sabam Sirait, red) hidup bersih dalam politik dan tetap memilih hidup sederhana naik Metromini,” ucap Ara di seminar yang juga menghadirkan mantan Sekjen HKBP Pdt Mori Sihombing itu.

Ara menyaksikan langsung bagaimana ayahnya memilih hidup sederhana dan menjauhi godaan. Sebagai contoh, Sabam pada era 1970-an memilih menolak pemasangan listrik untuk rumahnya dari sumber yang tak jelas.

“Bapak (Sabam) menolak karena hanya rumahnya yang dipasang listrik. Bapak menolak dengan alasan tidak mau terpisah dari masyarakat biasa,” ucap politikus kelahiran 23 Desember 1969 itu mengenang pengalaman hidupnya.

Sabam juga menggembeleng Ara saat berkuliah di Bandung. Sabam mengajari putra tertuanya itu untuk hidup mandiri.  

Karena itu Ara saat berkuliah di Bandung sudah memulai bisnis kecil-kecilan dengan membuat usaha desain kaus. Hasil desain itu lantas dipasarkan di Jakarta.

Politikus muda PDIP Maruarar Sirait menyatakan, hal penting dalam politik adalah konsistensi dan kegigihan berupaya demi membawa kebaikan bagi banyak orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News