Jurusan IPS, Ini Pelajaran Paling Tidak Diminati

Jurusan IPS, Ini Pelajaran Paling Tidak Diminati
Siswi SMA. Iustrasi Foto: Radar Surabaya/ dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Berdasar angket yang disebarkan ke siswa kelas 12 jurusan IPA, Kimia merupakan pelajaran yang paling tidak diminati.

Sementara, untuk jurusan IPS, Geografi menjadi pelajaran yang tidak dipilih sebagai mata pelajaran pilihan saat ujian nasional (UN) nanti.

Hal itu setelah hasil angket untuk siswa kelas 12 jurusan IPS yang baru diketahui kemarin.

Hasil angket di 2 SMA negeri favorit di Kota Purwokerto menunjukkan Geografi menjadi mata pelajaran yang paling sedikit dipilih oleh siswa jurusan IPS. Sementara pelajaran Ekonomi menjadi mata pelajaran yang paling diminati mengalahkan Sosiologi.

Salah satu Guru Geografi MAN Purwokerto 1, Setyo Sumarso SPd ketika ditemui Radarmas (Jawa Pos Group), Kamis (19/1) mengatakan, penyebab tidak disukai mata pelajaran Geografi oleh siswa kelas 12 jurusan IPS bisa jadi disebabkan karena isi konsep Geografi terdiri dari 50 persen IPA dan 50 persen lainnya IPS. Dengan formulasi tersebut, konsep Geografi cenderung lebih sulit dipahami oleh siswa.

"Padahal mata pelajaran Geografi untuk penjurusan di universitas-universitas ternama di Indonesia seperti UI dan UGM dapat lebih aplikatif," katanya.

Setyo menjelaskan, dengan belum begitu banyaknya lulusan Geografi, maka peluang kerja bagi para lulusan Geografi lebih terbuka lebar.

Sebagai guru pengampu mata pelajaran Geografi, dirinya akan mencoba memberi pengertian terhadap siswa bahwa Geografi tidak seperti apa yang mereka pikirkan selama ini.

Berdasar angket yang disebarkan ke siswa kelas 12 jurusan IPA, Kimia merupakan pelajaran yang paling tidak diminati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News