Kabar Baik untuk Sekolah Belum Siap UBK

Kabar Baik untuk Sekolah Belum Siap UBK
Ujian Nasional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sekolah yang akan melaksanakan ujian berbasis kertas bisa karena belum siap dengan ujian berbasis komputer (UBK), kini bisa bernapas lega.

Mereka tidak akan terbebani lagi naskah ujian yang kabarnya harus dicetak sendiri lantaran soal dikirim pusat dalam bentuk softcopy.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Jateng, Dra Enas Hindasah, seperti diberitakan Radarmas (Jawa Pos Group).

Menurut Enas Hindasah, informasi terakhir yang diterimanya soal dicetak percetakan independent dengan penjagaan yang ketat dari pihak-pihak yang berwajib.

"Jauh lebih aman dan terjamin dibandingkan sekolah yang harus mencetak sendiri," katanya.

Dengan adanya kepastian, pencetakan naskah ujian yang ditanggung pusat, memutus kekhawatiran soal ujian manual yang membebani sekolah.

Sementara terkait persiapan UBK, Enas Hindasah menjelaskan, saat ini dirinya masih terus melakukan pemetaan SMP-SMP mana saja yang bisa menggelar UBK, baik secara mandiri maupun harus menumpang ke sekolah-sekolah jenjang di atasnya.

"Masih cukup waktu sampai batas akhir tanggal 25 Januari nanti," jelas dia.

Sekolah yang akan melaksanakan ujian berbasis kertas bisa karena belum siap dengan ujian berbasis komputer (UBK), kini bisa bernapas lega.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News