Kaki Tangan ISIS Susupi Rusuh 22 Mei

Kaki Tangan ISIS Susupi Rusuh 22 Mei
PERUSUH: Para tersangka kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang kini menjadi tahanan Polda Metro Jaya. Foto: Salman Toyibi/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Polri mengendus kaki tangan Negara Islam Irak Suriah alias ISIS dalam kerusuhan 22 Mei 2019. Ada dua anggota kelompok Gerakan Reformis Islam (Garis) yang diamankan polisi karena menyusupi pengunjuk rasa.

Garis disebut-sebut terafiliasi dengan ISIS. Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengungkapkan, keberadaan dua anggota Garis itu terdeteksi setelah polisi menjerat 257 tersangka kerusuhan.

“Kami menemukan dua tersangka dari luar Jakarta yang terafiliasi dengan kelompok Garis, terafiliasi dengan kelompok tertentu,” kata Iqbal dalam konferensi pers di kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

Iqbal menjelaskan, massa Aksi 22 Mei terbagi menjadi dua kelompok. Pertama adalah kelompok massa aksi damai. Baca juga: Polisi Jerat 300 Tersangka Kerusuhan, Ada Preman Bayaran Tanah Abang

Adapun satu kelompok lagi merupakan massa yang melakukan kerusuhan. Menurut Iqbal, anggota Garis menyusup di antara massa yang rusuh.

Mantan Wakapolda Jawa Timur ini menuturkan, dua orang tersangka yang terafiliasi ISIS sengaja mengikuti unjuk rasa karena ingin melakukan jihad. Iqbal menegaskan, kelompok tersebut berbeda dengan massa aksi damai.

“Kami menemukan bukti kuat. Kami ketahui kelompok Garis ini pernah membuat statement sebagai pendukung ISIS Indonesia,” ucap.

Baca juga: 300 Orang Ditangkap, Siapa Aktor Intelektual Kerusuhan Aksi 21 – 22 Mei?

Polri mengendus kaki tangan Negara Islam Irak Suriah alias ISIS dalam kerusuhan 22 Mei 2019 buntut unjuk rasa di depan Bawaslu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News