Kang Emil Pilih Waktu Tepat untuk Umumkan Dukung Jokowi

Kang Emil Pilih Waktu Tepat untuk Umumkan Dukung Jokowi
Presiden Joko Widodo mengenakan jaket yang baru saja dia beli di BIP, Bandung, Rabu (12/4) malam. Presiden mengunjungi BIP dengan ditemani Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Calon Gubernur Jawa Barat (Cagub Jabar) Ridwan Kamil memastikan belum memutuskan mendukung calon presiden untuk 2019 termasuk Joko Widodo (Jokowi) sebagai petahanan. Meski partai pengusung Kamil di Pemilihan Gubernur Jabar (Pilgub Jabar) mayoritas pendukung Jokowi, namun wali kota bandung yang kondang disapa dengan panggilang Kang Emil itu butuh waktu untuk memutuskan dukungannya.

"Tapi kalau saya pribadi menunggu dulu waktu yang tepat. Siapa sebenarnya yang maju kan ini belum jelas. Jadi saya belum bisa melakukan sesuatu pada waktu yang tidak tepat," kata Ridwan di rumah Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Jalan Karangasem, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/7). 

Emil lantas mengklarifikasi pernyataannya usai pencoblosan di Pilkada Serentak 2018 yang langsung ditafsirkan sebagai dukungan untuk Jokowi. Kepala daerah berlatar belakang arsitek itu menegaskan, pernyataannya dipahami sepenggal-sepenggal.

"Saya sampaikan ya, tulisannya tidak seperti itu. Yang betul itu yang tadi, kalau pakai persektif (partai) pasti ke Jokowi. Kalau Ridwan Kamil pribadi akan mengambil keputusan di waktu yang tepat," katanya. 

Meski demikian Kang Emil mengaku sudah dua kali ditelepon Jokowi sejak dinyatakan menang hitung cepat. Hanya saja, Emil menepis anggapan telepon dari Jokowi itu sebagai ajakan untuk mendukung mantan gubernur DKI itu di Pilpres 2019.

“Cuma telepon yang sifatnya memberi selamat, pendek-pendeklah. Mengucapkan selamat ya senang saja, karena sebelum pilkada hubunganya kepala daerah dengan atasanya kan, jadi sering koordinasi," paparnya.(boy/jpnn)


Ridwan Kamil yang untuk sementara unggul berdasar hitung cepat Pilgub Jabar sudah dua kali dihubungi Presiden Joko Widodo melalui sambungan telepon.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News