Kanker Payudara Bisa Dideteksi dari Napas dan Urine

Kanker Payudara Bisa Dideteksi dari Napas dan Urine
Deteksi kanker payudara. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Ada kabar menggembirakan di dunia kesehatan, khususnya untuk perempuan.

Kanker payudara tahap awal ternyata bisa dideteksi dari tes napas dan urine.

Biomarker kanker payudara secara akurat terdeteksi dalam penelitian baru oleh para peneliti di Universitas Ben-Gurion dengan menggunakan dua "gas hidung" sensor pada napas dan spektrometri massa kromatografi gas (GC-MS), metode pengujian zat yang ditemukan dalam urine.

"Kelangsungan hidup penderita kanker payudara sangat terkait dengan sensitivitas deteksi tumor," kata rekan penulis studi tersebut, Yehuda Zeiri, seperti dilansir laman MSN, Rabu (27/6).

"Metode yang akurat untuk mendeteksi tumor yang lebih kecil dan lebih awal tetap menjadi prioritas dan pendekatan baru kami menggunakan urin dan sampel napas yang dihembuskan, dianalisis dengan proses yang tidak mahal, tersedia secara komersial, non-invasif, mudah diakses dan bisa dengan mudah diimplementasikan dalam berbagai pengaturan," jelas Zeiri.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Computers in Biology and Medicine, menemukan bahwa metode nafas mampu mendeteksi sel kanker secara akurat lebih dari 95 persen dari waktu dengan elektronik e-nose.

Alat murah merasakan penyakit dengan mengambil pola napas yang unik pada wanita. Demikian pula, tes urin terbukti akurat 85 persen dari waktu ke waktu.

Metode skrining utama saat ini untuk kanker payudara - melalui mamografi - tidak bisa selalu mendeteksi tumor yang sangat kecil di jaringan padat.

Kabar gembira, kanker payudara tahap awal ternyata bisa dideteksi dari tes napas dan urine.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News