Kanker Serviks Bisa Menular?

Kanker Serviks Bisa Menular?
Deteksi dini kanker serviks

jpnn.com - Kanker serviks hanya terjadi pada wanita. Dan sesuai dengan sifatnya, penyakit kanker apa pun jenisnya tidaklah menular dan tidak dapat disebarkan ke orang lain.

Satu-satunya cara yang memungkinkan kanker bisa menyebar adalah jika jaringan atau organ dari pendonor dengan kanker ditransplantasikan ke orang lain. Namun demikian, risiko kanker akibat proses transplantasi bisa dikatakan nol, sebab siapa pun yang memiliki riwayat kanker umumnya tidak dipilih untuk menjadi donor organ.

Yang sebenarnya bisa menular adalah infeksi HPV, yang menjadi pemicu kanker serviks. Pada wanita yang terinfeksi HPV atau bahkan telah terdiagnosis kanker serviks, sangat mungkin untuk menyebarkan infeksi virus HPV pada pasangannya.

Walau begitu, pria yang terinfeksi HPV penyebab kanker serviks umumnya tidak mengalami gangguan kesehatan apa pun.

Hal ini justru penting untuk diperhatikan, sebab pria amat berperan dalam membawa atau menularkan infeksi HPV penyebab kanker serviks.

Sederhananya, pria yang telah terinfeksi HPV dari penderita kanker serviks bisa memindahkan virus tersebut ke wanita lain. Hal ini membuat wanita yang tertular virus HPV berpotensi mengalami kanker serviks di kemudian hari.

Tips cegah kanker serviks

Upaya pencegahan menjadi sangat penting dalam mengurangi peluang tertular dan menyebarkan HPV, yang merupakan penyebab kanker serviks. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk itu, di antaranya:

Rutinlah melakukan deteksi dini dan hindari perilaku seksual yang berisiko. Pada dasarnya, mencegah diri dari infeksi HPV sama dengan mencegah terjadinya kanker serviks.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News