Kapal Canggih, Nelayan Asing Curi Ikan di Bitung

Kapal Canggih, Nelayan Asing Curi Ikan di Bitung
Kapal Canggih, Nelayan Asing Curi Ikan di Bitung
BITUNG - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bitung, Hengkie Wowor mengatakan pencurian ikan oleh kapal nelayan asing sangat marak terjadi di wilayahnya. Ini lantaran nelayan asing yang masuk ke perairan Bitung meiliki kapal yang lebih canggih dari nelayan lokal.

"Bahkan, saat dikejar petugas keamanan laut atau kepolisian sering tak terkejar. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," kata Hengkie Wowor.

Selain itu, kata Wowor, perlu adanya peningkatan kualitas nelayan lokal. Saat seluruh nelayan lokal telah hebat, nelayan asing akan tersingkir dengan sendirinya di laut. "Akan dilaksanakan kursus-kursus bagi nelayan kita," paparnya.

Juga perlu adanya penambahan peralatan dan kapal tangkap untuk meningkatkan produksi. "Saat ini jumlah kapal masih dapat diperbanyak. Karena pelabuhan kita belum padat, akan mudah mengurusi ijin kapal di kementerian," jelasnya.(cw-07/sto/fuz/jpnn)

BITUNG - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bitung, Hengkie Wowor mengatakan pencurian ikan oleh kapal nelayan asing sangat marak terjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News