Kapal KM Madani Nusantara Kandas

Kapal KM Madani Nusantara Kandas
Ilustrasi. Kapal. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, KALIMANTAN SELATAN - Insiden kapal kandas kembali terjadi pada Sabtu (15/7). Kali ini menimpa kapal KM. Madani Nusantara milik PT. Prima Vista saat berada pada posisi sebelah Utara Pulau Suwangi Selat Laut Perairan Kotabaru Kalimantan Selatan.

Kapal Ro-Ro penumpang dengan GT. 4300 tersebut berangkat dari Pelabuhan Batulicin menuju pelabuhan Pare-Pare dengan mengangkut penumpang sebanyak 116 orang, yang terdiri dari penumpang dewasa sebanyak 89 orang, anak-anak sebanyak 24 orang dan balita sebanyak tiga orang.

Kapal tersebut juga mengangkut tujuh kendaraan yang terdiri dari kendaraan kecil sebanyak satu unit, truk sedang sebanyak dua unit dan truk besar sebanyak empat unit.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono membenarkan adanya kejadian kandasnya kapal KM. Madani Nusantara dimaksud.

"Kapal bertolak dari Pelabuhan Samudera Batulicin pada pukul 13.30 WITA dan mengalami kandas pada pukul 14.45 WITA pada posisi 03-27-3489 S / 116-02-2299 E, sekitar 3,5 NM dari Pelabuhan Batulicin," jelas Tonny.

Laporan kandasnya KM. Madani Nusantara tersebut diterima oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kotabaru dan langsung melakukan aksi tanggap darurat penyelamatan kapal.

"Kondisi saat ini semua penumpang telah dievakuasi dengan kapal TB. Lestari Abadi serta speed boat Patroli KPLP KSOP Kotabaru dan beberapa kapal lainnya. Para penumpang diturunkan di dermaga ferry penyeberangan milik PT. ASDP cabang Batulicin dan selanjutnya seluruh penumpang ditangani oleh PT Prima Vista," tandasnya.(chi/jpnn)


Insiden kapal kandas kembali terjadi pada Sabtu (15/7). Kali ini menimpa kapal KM. Madani Nusantara milik PT. Prima Vista saat berada pada posisi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News