Kapal Patroli Ternate Evakuasi Penumpang KMP Permata Lestari V yang Kandas

Kapal Patroli Ternate Evakuasi Penumpang KMP Permata Lestari V yang Kandas
Pencarian korban kapal yang tenggelam. Foto dok Ditjen Hubla Kemenhub

jpnn.com, MALUKU UTARA - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate mengerahkan satu unit kapal patroli KPLP KNP. 358 untuk mengevakuasi para penumpang kapal KMP. Permata Lestari V yang mengalami musibah kandas di perairan pelabuhan penyeberangan Sofifi, Maluku Utara pada Senin (17/6) kemarin pukul 22.59 WIT.

Kapal KMP. Permata Lestari V milik PT. Atosim Lampung Pelayaran dengan GT.625 berjenis kapal Ro-Ro tersebut dinakhodai oleh Zulfikar Sanjaya mengangkut 52 orang penumpang, 17 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan 27 unit kendaraan berangkat dari Dermaga Ferry Sofifi menuju Dermaga Ferry Ternate.

"Seluruh penumpang kapal KMP. Permata Lestari V telah dievakuasi dengan Kapal Patroli KNP.358 ke Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate dengan keadaan selamat," ujar Kepala KSOP Kelas II Ternate, Taher Laitupa, Selasa (18/6).

Selain kapal patroli KNP. 358 milik KSOP Ternate tersebut, kapal KN. Pandu Dewa milik Basarnas Maluku Utara jugaa telah dikerahkan dan bersiaga di lokasi kejadian.

Pada kesempatan ini, Taher kembali mengingatkan perlunya nakhoda kapal memperhatikan faktor cuaca sebelum berangkat mengingat cuaca pada saat kejadian musibah kandasnya kapal KMP. Permata Lestari V tersebut dalam kondisi hujan deras, sehingga jarak pandang terbatas.

Adapun KSOP Ternate melakukan pendataan kepada seluruh penumpang yang telah dievakuasi ke Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dan menyiapkan tim medis untuk memastikan kondisi seluruh penumpang dalam kondisi sehat.

"Hari ini (18/6), kapal patroli KNP. 358 melakukan penyisiran di lokasi kejadian dan melakukan pengawasan terhadap kandasnya kapal tersebut. Untuk kepastian penyebab musibah tersebut, diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi," tandas Taher.(chi/jpnn)


Kapal KMP. Permata Lestari V milik PT. Atosim Lampung Pelayaran dengan GT.625 berjenis kapal Ro-Ro tersebut dinakhodai oleh Zulfikar Sanjaya mengangkut 52 orang penumpang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News