Kapal Pembangkit Listrik Turki Beroperasi, Aceh pun Ikut Merasakan Terang

Kapal Pembangkit Listrik Turki Beroperasi, Aceh pun Ikut Merasakan Terang
Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan, kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) bersandar di dermaga PLTGU, di Belawan, Medan, Sumatera Utara, Minggu (21/5). Kapal pembangkit listrik yang disewa dari Turki dengan panjang 300 meter dan lebar 46 meter berkapasitas 240 MW tersebut, diharapkan mampu meningkatkan pasokan listrik di wilayah Sumbagut. Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/jpg

jpnn.com, BANDA ACEH - Kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) Karadeniz Powership Onur Sultan sudah mulai beroperasi.

Suplai listrik disalurkan pembangkit disewa dari Turki tersebut, sudah dapat dinikmati masyarakat Sumatera Utara hingga Provinsi Aceh.

Sebagaimana diketahui, listrik Aceh saat ini terhubung dengan pembangkit yang ada di Medan, Sumatera Utara, atau disebut interkoneksi.

General Manager PLN Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi menyampaikan, sistem kelistrikan Aceh sudah membaik setelah sempat terjadi beberapa gangguan pada awal bulan lalu.

Suplai listrik semakin andal, apalagi setelah beroperasinya MVPP Karadeniz Powership Onur Sultan di Belawan, sudah mengaliri 240 MW.

"Alhamdulillah, sejak 2 Juni sampai sekarang kondisi sudah normal kembali, Insya Allah berlangsung hingga akhir Ramadan dan seterusnya," kata Jefri Rosiadi saat konferensi pers "Kesiapan PLN Dalam Menghadapi Lebaran", Rabu (21/6) di kantor PLN Aceh.

Disebutkan, pada awal Ramadan kondisi kelistrikan Aceh memang banyak terjadi gangguan, sehingga PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir agar sistem kelistrikan tidak padam total.

Namun kondisinya sekarang sudah jauh lebih baik, karena sejumlah pembangkit yang ada di Aceh, seperti PLTMG Arun Nagan Raya sudah dapat mensuplai secara penuh. Kalau sebelumnya hanya 99 MW, sekarang sudah 140 MW.

Kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) Karadeniz Powership Onur Sultan sudah mulai beroperasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News