Kapolda Pastikan Seluruh Awak Kapal Harus Jalani Tes Urin

Kapolda Pastikan Seluruh Awak Kapal Harus Jalani Tes Urin
Anggota Satnarkoba Polresta Barelang mengetes urine kapten kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, Senin (19/6). F. Dalil Harahap/Batam Pos/jpg

jpnn.com, BATAM - Kapolda Kepri, Irjen Sam Budigusdian didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, wakil walikota Batam, Amsakar Achmad serta beberapa pejabat meninjau kesiapan arus mudik lebaran di Pelabuhan Internasional Sekupang (PDS), Batam, Senin (19/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Rombongan juga memastikan jumlah penumpang yang naik ke atas kapal sesuai dengan kapasitas yang ditentukan, hal ini untuk menghindari kelebihan penumpang yang bisa berakibat fatal bagi keselamatan pemudik.

"Kita memastikan seluruh persiapan berjalan lancar mulai dari keamanan pemudik, ruang tunggu, hingga jumlah penumpang yang naik ke kapal, itu semua harus sesuai dan jelas," kata Sam Budigusdian kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) usai meninjau PDS kemarin.

Selain meninjau kesiapan mudik, Sam juga mendatangi tempat kapten kapal dan ABK menjalani tes urin. "Mereka harus bebas dari pengaruh narkoba, apalagi mereka adalah orang yang bertanggung jawab selama pemudik berada di kapal," kata Sam.

Dari 20 awak kapal yang terdiri dari kapten kapal, dan ABK hasilnya menunjukkan semuanya negatif. "Cukup menggembirakan semua bebas dari narkoba, ini membuktikan mereka benar- benar memperhatikan keselamatan penumpang," jelasnya.

Sam mengingatkan kepada pemudik untuk hati-hati dan tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan selama mudik, karena pemudik sangat ramai, ditakutkan itu bisa memancing tindakan kriminal.

"Untuk pengamanan kita juga menyiagakan 10 personil kepolisian untuk mengamankan arus mudik lebaran kali ini," sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengimbau kepada seluruh pemudik untuk memperhatikan keselamatan sebelum mudik. "Jangan bawa barang yang berlebihan, secukupnya saja," kata Nurdin.

Kapolda Kepri, Irjen Sam Budigusdian didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, wakil walikota Batam, Amsakar Achmad serta beberapa pejabat meninjau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News