Kapolri Berharap Daerah-Daerah Ini Siap Hadapi El Nino

Kapolri Berharap Daerah-Daerah Ini Siap Hadapi El Nino
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memberi kuliah umum di depan ratusan mahasiswa dan civitas akademik Universitas Tanjungpura, Pontianak, Senin (6/3). FOTO: Divisi Humas Polri

jpnn.com - jpnn.com - Masalah kebakaran hutan dan lahan kerap melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Barat hingga Sumatera. Terlebih lagi, tahun ini diprediksi akan terjadi El Nino atau musim kemarau.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, tahun lalu Indonesia dilanda La Nina, sehingga pemadaman kebakaran hutan dan lahan tertolong oleh hujan.

"Tahun lalu La Nina, uap air berkumpul dan berpindah ke nusantara sehingga terjadi hujan. Jadi, kita diselamatkan hujan," ujar Tito saat memimpin apel Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan se-Kalimantan Barat di halaman Mapolda Kalbar, Senin (6/3).

Nah, kata Tito, tahun ini diperkirakan El Nino atau lawan La Nina akan kembali lagi terjadi seperti pada 2015. Uap air di bumi nusantara akan berkurang sehingga bisa menyebabkan kemarau.

"Ini mirip 2015, dan ini akan berdampak kekeringan," ujar jenderal bintang empat ini.

Dia menambahkan, ketika sudah terjadi kekeringan maka titik api akan muncul. Lahan gambut terbakar. "Sulit kita mengatasinya," katanya.

Karenanya Tito menegaskan diperlukan strategi pencegahan agar lahan gambut tidak terbakar luas. Menurutnya, dibutuhkan kesiapan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan tersebut.

"Saya berharap agar wilayah provinsi sepanjang Sumatera, Kalimantan, dapat melaksanakan apel kesiapsiagaan yang sana sehingga kita betul-betul siap," ujar Tito.

 Masalah kebakaran hutan dan lahan kerap melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Barat hingga Sumatera. Terlebih lagi, tahun ini diprediksi akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News