Karangasem Jadi Lokasi Pencanangan Hari Keluarga Bumi

Karangasem Jadi Lokasi Pencanangan Hari Keluarga Bumi
Presiden The World Peace Commitee Djuyoto Suntani menyematkan pin kepada Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam acara penetapan Hari Keluarga Bumi di Objek Wisata Putung, Karangasem, Selasa (27/3). Foto: istimewa

jpnn.com, AMLAPURA - Kabupaten Karangasem di Bali pada Selasa lalu (27/3) menjadi lokasi penetapan Hari Keluarga Bumi yang diselenggarakan The World Peace Committee. Tujuan penetapan Hari Keluarga Bumi yang dilaksanakan di Objek Wisata Putung, Karangasem itu adalah mewujudkan keserasian dan keselarasan bagi semua makhluk hidup di Bumi.

Acara penetapan Hari Keluarga Bumi juga dibarengi penandatanganan prasasti seberat 5 ton yang dipilih khusus dan diambil dari Pura Tapsai di Desa Puragae di Kecamatan Rendang, Karangasem. Prasasti Hari Keluarga Bumi diteken oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri dan Presiden The World Peace Committee Djuyoto Suntani.

Djuyoto Suntani menjelaskan alasan The World Peace Committee memilih Karangasem sebagai lokasi penetapan Hari Keluarga Bumi. Keputusan organisasi yang menghimpun perwakilan dari 202 negara itu didasari pada aspek spiritualitas Karangasem yang sangat tinggi.

“Ibu kota Kabupaten Karangasem bernama Amlapura, berasal dari kata alam dan pura,” sebutnya.

Dalam bahasa Sanskerta kuno, kata Suntani, alam adalah jagad raya. Sedangkan pura adalah kota.

Karena itu, Amlapura berarti ibu kota bagi alam semesta. “Karena itu di ibu kota jagad raya ini ditetapkan Hari Keluarga Bumi, hari keluarga bagi alam semesta," tuturnya.

Sedangkan Bupati Ayu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas keputusan The World Peace Committee memilih Karangasem sebagai lokasi penetapan Hari Keluarga Bumi. “Melalui kegiatan ini, Kabupaten Karangasem nantinya turut serta berperan aktif dalam menciptakan perdamaian dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, upaya mewujudkan perdamaian dunia bisa dimulai dengan saling menghargai dan menghormati antaroumat beragama. Menurutnya, sikap saling menghormati itu sudah terwujud di Kabupaten Karangasem.

Kabupaten Karangasem di Bali terpilih sebagai lokasi penetapan Hari Keluarga Bumi yang dicanangkan The World Peace Committee.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News