Karena ini Polresta Sidoarjo Raih Penghargaan dari Kemen PAN

Karena ini Polresta Sidoarjo Raih Penghargaan dari Kemen PAN
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Kinerja positif yang dicatatkan Polresta Sidoarjo mendapat apresiasi penilaian sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). 

Monitoring penilaian layanan publik di Polresta Sidoarjo tersebut berlangsung selama satu tahun terakhir. Tim Kemen PAN-RB mengevaluasi ratusan polres dengan berbagai tipologi se-Indonesia. ''Jumlah keseluruhannya 194,'' kata Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho.

Evaluasi itu terbagi dalam dua bagian. Yakni, pelayanan pembuatan SIM dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Juri kemudian menilai enam aspek. Mulai kebijakan pelayanan, profesionalitas personel, inovasi, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP), serta konsultasi dan pengaduan.

Penilaian pelayanan, ujar dia, berpedoman pada enam prinsip. Yaitu, partisipasi, transparansi, daya guna, aksesibilitas, akuntabilitas, dan keadilan. Nah, ada dua polres yang mendapat penghargaan pelayanan kategori prima. Yakni, Polrestabes Surabaya dan Polres Banyuwangi. Sebanyak 19 polres lainnya berhak atas predikat kategori setingkat di bawahnya. Yaitu, sangat baik. Di antaranya Polresta Sidoarjo. (edi/c20/hud)

Evaluasi itu terbagi dalam dua bagian. Yakni, pelayanan pembuatan SIM dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News