Karisma AHY Belum Menandingi SBY

Karisma AHY Belum Menandingi SBY
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam orasi politik di Djakarta Theater, Jumat (1/3). Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrat diprediksi berpeluang melenggang ke parlemen. Elektabilitas partai berlambang mercy sebesar 5,9 persen, yang artinya di atas ambang batas parlemen empat persen.

"Temuan kami, dengan elektabilitas sebesar itu Demokrat bakal ke DPR," kata Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA Rully Akbar di kantornya, Jumat (5/4).

BACA JUGA: Peringkat Parpol Hasil Survei LSI Denny JA: Perindo di Atas PAN, PPP, Nasdem

Hanya saja, Rully memberi catatan terhadap elektabilitas besar Demokrat ini. Demokrat dianggap banyak bergantung pada sisa kejayaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menguatkan elektabilitas.

"(Elektabilitas) Demokrat ini sisa-sisa, jejak SBY 10 tahun berkuasa," kata Rully.

BACA JUGA: Berdasar Survei Charta Politika, Mas AHY Masih Butuh Waktu

Menurut Rully, SBY menuai citra baik saat menjabat Presiden Indonesia. Masyarakat menganggap SBY sebagai pakem pemimpin Indonesia yang gagah dan berparas tampan.

"SBY secara kasat mata pemimpin yang menjadi pakem pemimpin-pemimpin di Indonesia yaitu berasal dari Jawa, gaya raja. Tidak jelek, itu persepsi orang pada pemimpin kan seperti SBY," ungkap dia.

Demokrat dianggap banyak bergantung pada sisa kejayaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menguatkan elektabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News