Karya Inovatif Pelajar Cendekia Harapan di Acara Indonesia Science Day 2019

Karya Inovatif Pelajar Cendekia Harapan di Acara Indonesia Science Day 2019
Delapan pelajar Cendekia Harapan di acara Indonesia Science Day 2019. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Delapan pelajar SMP dan SMA Cendekia Harapan membawa semangat berbagi di acara Indonesia Science Day 2019, yang diselenggarakan dalam rangkaian HUT PP-IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Para pelajar Cendekia Harapan yang usianya 13-16 tahun itu menunjukkan karya nyata bukti kepedulian mereka terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Bentuk kepeduliannya diwujudkan dalam produk-produk inovatif Tirta Amerta, Melali, Zero Waste, dan space saving design product,” terang Dr Lidia Sandra, M Comp Eng Sc, principal sekolah Cendekia Harapan.

Lidia mengatakan, produk Tirta Amerta dibuat atas dasar keprihatinan terhadap kondisi sungai-sungai di Indonesia yang kian hari semakin memudar kejernihannya.

BACA JUGA: Daya Tampung Sekolah Negeri Terbatas, Wali Kota Batam: Kami Masih Cari Solusinya

Tirta Amerta bahkan diusulkan untuk dijadikan sebagai proyek nasional dalam rangka peningkatan kualitas mutu air dengan menggunakan parameter derajat keasaman (pH), kekeruhan, dan kesadahan air.

“Mengingat kota-kota besar seperti Jakarta memiliki kondisi sungai yang sangat memprihatinkan. Bahkan sungai-sungai di desa-desa terpencil pun tak luput dari limbah rumah tangga yang dibuang langsung ke sungai,” terangnya.

Selain berkutat pada masalah air bersih, mereka juga menunjukkan keprihatinannya terhadap manajemen limbah pertanian. Indonesia yang mampu menghasilkan 56,54 ton per tahunnya, menyisakan permasalahan pada pengelolaan limbah jerami.

Indonesia Science Day 2019: Delapan pelajar Cendekia Harapan menunjukkan karya nyata bukti kepedulian mereka terhadap permasalahan lingkungan yang dihadapi masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News