Kata Pengamat, Dua Hal Ini Penyebab Amien Rais Digebuk Kasus Alkes

Kata Pengamat, Dua Hal Ini Penyebab Amien Rais Digebuk Kasus Alkes
Amien Rais. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Terseretnya nama Amien Rais yang disebut menerima aliran dana korupsi alat kesehatan (alkes) masih menuai kontroversi.

Direktur Eksekutif Voxvol Centre Pangi Syarwi Chaniago menilai, penyebutan nama Amien Rais dalam perkara itu sarat muatan politis ketimbang penegakan hukum.

”Amien Rais kita sudah paham dan tahu yang selama ini paling keras menolak reklamasi, kita masih ingat ketika Amien siap nantangin Luhut buka-bukaan atau adu data soal apa saja keuntungan reklamasi bagi masyarakat. Saya pikir ini jelas mengganggu rezim dan pemerintah,” kata Pangi dalam rilisnya yang diterima INDOPOS (Jawa Pos Group).

Apalagi, sambung dia, belakangan santer kuat dugaan pemerintah pusat bersikeras mengambil alih reklamasi, dan bertekad meneruskan proyek itu pasca kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilkada DKI 2017.

”Sementara Amien Rais menjadi batu kerikil atau sandungan yang menganggu dan menghambat misi memuluskan reklamasi,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, sosok mantan ketua MPR RI itu juga dianggap salah satu faktor kekalahan Ahok dalam Pilkada kemarin.

”Saya kira, Amien Rais juga punya peran besar, menggerakkan umat melawan penista agama, sehingga Ahok kalah dalam pilkada 2017, jadi ada yang balas dendam dan sakit hati sama Amien Rais,” sindir dia.

Pangi yakin, sebelum mencuatnya kasus ini tentunya ada sejumlah upaya lain untuk menundukkan seorang Amien Rais.

Terseretnya nama Amien Rais yang disebut menerima aliran dana korupsi alat kesehatan (alkes) masih menuai kontroversi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News