Katak Pohon Langka Sandang Nama Pangeran Charles

Katak Pohon Langka Sandang Nama Pangeran Charles
Katak Pohon Langka Sandang Nama Pangeran Charles
LONDON  - Bukan hanya para bangsawan saja yang menyandang gelar pangeran. Spesies katak pohon ditemukan di pedalaman taman nasional Cotacachi-Cayapas, Ekuador, juga mendapat nama bangsawan.

Tak tanggung-tanggung, hewan amfibi tersebut menyandang nama putra mahkota Inggris, Pangeran Charles. Kini hewan yang terancam punah tersebut memiliki nama resmi Hyloscirtus princecharlesi.

Kantor berita BBC,  Kamis (5/7), menyebut pemberian nama ini sebagai sebuah penghormatan bagi mantan suami mendiang Putri Diana itu atas inisiatifnya dalam membantu pelestarian hutan hujan yang menjadi habitat sang katak. Hyloscirtus princecharlesi ini pertama kali ditemukan oleh  Dr. Luis A Coloma tahun  2008 dalam upaya pengumpulan sampel hewan untuk koleksi musium di  Taman Nasional Cotacachi-Cayapas, Ekuador.  

Di habitatnya, katak pohon itu kini terancam punah. Pesatnya perkembangan perkebunan telah merusak hutan alami tempat satwa tersebut tinggal. Karena itulah para ilmuan kini tengah melakukan upaya penangkaran.(zul/jpnn)

LONDON  - Bukan hanya para bangsawan saja yang menyandang gelar pangeran. Spesies katak pohon ditemukan di pedalaman taman nasional Cotacachi-Cayapas,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News