Ke Bantul? Ciciplah Nasi Bledag dan Ingkung Sambel Suro

Ke Bantul? Ciciplah Nasi Bledag dan Ingkung Sambel Suro
Nasi bledag khas Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Foto: Radar Jogja

jpnn.com - JPNN.Com - Berwisata ke Yogyakarta tak akan lengkap bila tanpa menikmati kuliner khas yang belum tentu bisa dijumpai di tempat lain. Dan Yogyakarta bukan hanya punya gudeg, tapi ada berderet makanan enak.

Nah, di Bantul atau di sebelah selatan Kota Jogja, ada kuliner khas di daerah Dlingo. Istimewanya bukan karena semata-mata enak, tapi juga rendah kolesterol. Yakni ingkung sambel suro dan nasi bledag.

Ingkung sambel suro berbahan baku ayam jantan. Namun, ayam tidak diolah dengan santan sebagaimana lazimnya ingkung. Sebab, ayam untuk ingkung sambel suro diolah menggunakan air putih.

Hal itu untuk meminimalkan kolesterol. Sedangkan bumbu dapur pelengkapnya berupa bawang merah, bawang putih, daun salam, dan garam secukupnya.

”Penyajiannya dengan sambal padang,” kata Suro Heni Rismiyati, pemilik warung ingkung sambel suro.

Tidak sulit menemukan warung kuliner khas ini. Letaknya di dekat simpang tiga menuju kawasan Hutan Pinus Mangunan.

Sedangkan nasi bledag adalah nasi jagung. Tapi ada kelebihannya, yakni mengandung karbohidrat kompleks sehingga cocok bagi penderita diabetes.

Menariknya, nasi bledag tidak dimasak menggunakan kompor, melainkan dengan kayu bakar. Metode itu dipercaya bisa menambah cita rasa nasi bledag.

JPNN.Com - Berwisata ke Yogyakarta tak akan lengkap bila tanpa menikmati kuliner khas yang belum tentu bisa dijumpai di tempat lain. Dan Yogyakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News