Ke Mana Uang Hasil Divestasi Saham PT Newmont?

Ke Mana Uang Hasil Divestasi Saham PT Newmont?
Ignasius Jonan. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Institut Soekarno Hatta akan menggelar diskusi dengan tema Transparansi Divestasi PT Newmont Nusa Tenggara di Hotel Ibis Budget Menteng, Jakarta, Selasa (6/2) mendatang.

Beberapa figur dijadwalkan mengikuti diskusi itu. Salah satunya adalah Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Ada juga Gubernur NTB Zainul Majdi, anggota Komisi VII DPR RI Efendi Simbolon, Direktur IRESS Marwan Batubara, dan ketua DPRD Provinsi NTB.

Diskusi ini juga akan menghadirkan anggota DPR dari dapil NTB Fahri Hamzah sebagai keynote speaker.

Selain untuk memperjuangkan hak masyarakat NTB, diskusi juga untuk mewujudkan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Pemda NTB memiliki saham PT Newmont enam persen. Anehnya, saat 82 persen saham PT Newmont dijual ke Arifin Panigoro (Medco), itu termasuk enam persen milik pemda. Namun, Pemda NTB belum pernah terima uang sepeser pun," tutur M Hatta Taliwang selaku direktur Institut Soekarno Hatta, Senin (29/1).

Hatta menambahkan, kontrak karya Newmont Nusa Tenggara dengan pemerintah Indonesia menyepakati divestasi 51 persen saham ke pihak Indonesia setelah sepuluh tahun beroperasi.

Sebagian besar saham yang didivestasi dikuasai pihak swasta, yakni Bumi Resourcess.

Institut Soekarno Hatta akan menggelar diskusi dengan tema Transparansi Divestasi PT Newmont Nusa Tenggara di Hotel Ibis Budget Menteng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News