Kebakaran Lahan Gambut di Meulaboh, Api Mendekat ke Pemukiman, Warga pun Panik

Kebakaran Lahan Gambut di Meulaboh, Api Mendekat ke Pemukiman, Warga pun Panik
Warga tampak memadamkan kobaran api yang membakar lahan gambut di Meulaboh, Aceh. Foto: rakyataceh/jpg

jpnn.com, ACEH - Sepasang suami istri lanjut usia terpaksa dievakuasi dari rumahnya karena kebakaran lahan gambut di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh, sekitar pukul 21.00 WIB, Selasa (25/7).

Warga pun bahu membahu mengevakuasi Abu Nyakman, 60, saat kobaran api berjarak sekitar 50 meter dari rumah mereka.

Sementara istrinya Salbiah, terus tanpa henti mengangkat seluruh barang berharga kebagian depan rumah mereka.

Rahmawati, tetangganya juga bersiap-siap mengungsi ke seberang jalan.

Di belakang rumah, tim reaksi cepat (TRC) terus berupaya memadamkan api agar tidak terus menyala mendekat ke rumah warga. Beberapa unit mobil pemadam dikerahkan untuk memutuskan rantai api.

Di tengah kepanikan itu, Salbiah, mengaku sangat khawatir rumah tempat dirinya menetap dihari tua bersama suami, akan terbakar api. “Tolong padamkan api jangan mendekat ke rumah saya,” katanya memomohonnya kepada petugas.

Sebelum ancaman kebakaran mendekat (malam), Salbiah mengkisahkan, siang harinya dia mengaku tidak sampai terpikir kebakaran lahan akan sampai mengancam rumahnya.

"Kalau masalah gangguan asap tebal, selama 4 hari sudah biasa kami hirup. Meskipun batuk dan perih mata sedikit, telah biasa. Tapi kalau ancaman api mendekat, itu yang kami takut," ucap nenek ini.

Sepasang suami istri lanjut usia terpaksa dievakuasi dari rumahnya karena kebakaran lahan gambut di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News