Kejar Gelar Doktor di Usia 100 Tahun

Jalani Berbagai Status, Mulai Pejuang sampai Hakim

Kejar Gelar Doktor di Usia 100 Tahun
SEMANGAT - Bholaram Das, sang kakek usia seabad yang masih berniat bisa meraih gelar doktor. Foto: News-views.in.
Bholaram Das tepat memasuki usia seabad, Sabtu (16/10) lalu. Tapi, mantan pejuang kemerdekaan India itu tidak berhenti berjuang. Dia justru mengawali kembali perjuangannya untuk meraih gelar PhD alias doktor.

"MENUNTUT
ilmu tak mengenal batas usia," ujar Das dalam wawancara dengan harian India berbahasa Inggris, The Economic Times, yang dipublikasikan kemarin (18/10). Kini, bapak enam anak itu terdaftar sebagai mahasiswa doktoral di Gauhati University. Dia tercatat sebagai mahasiswa tertua. Tidak hanya di universitas yang terletak di kawasan Jalukbari, sebelah barat Kota Guwahati, negara bagian Assam, tersebut, tapi juga di seluruh India.

Sebagai pria yang sudah hidup selama seratus tahun, Das menyatakan sudah menjalani berbagai lelakon kehidupan. Juga berbagai profesi. Mulai menjadi pejuang kemerdekaan, tahanan, guru, pengacara, dan hakim distrik. "Pada tahun ke-100 ini, saya merasa sudah melakukan banyak hal untuk masyarakat, politik, pemerintah, dan agama. Kini saatnya saya memuaskan hasrat saya untuk menuntut ilmu dan menjadi doktor," ungkap kakek 10 cucu tersebut.

Saat berusia 19 tahun, Das tergabung dalam pergerakan kemerdekaan India. Karena aktivitasnya sebagai pejuang kemerdekaan "melawan koloni Inggris" itu, dia ditangkap pada 1930. Dia lantas dijebloskan ke tahanan dan diganjar hukuman dua bulan kerja sosial. Tapi, pengalaman buruk tersebut tidak membuat Das patah semangat. Seusia menjalani hukuman, pria berkepala plontos itu menamatkan studi di jurusan hukum dan perniagaan.

Bholaram Das tepat memasuki usia seabad, Sabtu (16/10) lalu. Tapi, mantan pejuang kemerdekaan India itu tidak berhenti berjuang. Dia justru mengawali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News