Kejutan Ekonomi Dari Fremantle-Bali Yacht Race 2017

Kejutan Ekonomi Dari Fremantle-Bali Yacht Race 2017
Yacht. Foto: JPG

jpnn.com, BALI - Ajang Fremantle-Bali Yacht Race 2017 membawa dampak ekonomi yang luar biasa bagi Bali.

Ada 70 peserta race yang banyak membelanjakan uangnya di destinasi wisata terbaik dunia 2017 pilihan TripAdvisor itu.

Hal itu belum termasuk 52 anggota keluarga mereka yang ikut diboyong ke Pulau Dewata Bali.

“Total kru dan skipper ada 70 orang. Mereka masih membawa 52 orang anggota keluarga untuk berlibur ke Bali,” papar Raymond T Lesmana, di sela Welcome Dinner Fremantle-Bali Yacht Race 2017 di Prama Sanur Beach Hotel.

Pria yang sudah puluhan tahun mengurus organizer yacht rally internasional itu sangat yakin, hal ini memberi dampak ekonomi yang tidak sedikit bagi Bali.

Marina, hotel, rental mobil, restoran, bar dan pub, semua ikut terkena imbas positif dari Fremantle-Bali Yacht Race 2017.

“Tipikal yacht racer adalah spending uang yang lebih besar dari rally yachter. Mereka maunya menginap di hotel berbintang. Makannya di restoran berbintang. Satu kapal yang terdiri dari satu awak dan dua skipper biasanya mengeluarkan uang US$ 123 per hari. Keluarga yang ikut terbang dari Australia ke Bali rata-rata juga segitu. Silakan estimasi sendiri, berapa perputaran uang dari race ini,” ungkapnya.

Living cost tadi masih bisa bertambah lagi karena biaya tersebut belum termasuk membeli bahan bakar, air bersih, perbaikan kapal, kebersihan dan kebutuhan dasar lainnya.

Ajang Fremantle-Bali Yacht Race 2017 membawa dampak ekonomi yang luar biasa bagi Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News