Selasa, 27 Juni 2017 – 13:56 WIB

Kemacetan Jakarta Terburuk di Dunia, Ini Kata Ahok

Kamis, 05 Februari 2015 – 12:13 WIB
Kemacetan Jakarta Terburuk di Dunia, Ini Kata Ahok - JPNN.COM

SHARES

JAKARTA - Hasil survei Castrol Magnatec Start-Stop tentang lalu lintas kota-kota besar di dunia menunjukkan Jakarta sebagai dengan kemacetan paling buruk. Berdasarkan indeks Castrol Magnatec Start-Stop, tingkat macet di Jakarta mencapai 33.240 ribu per tahun.

Angka itu dihitung dari data ketika pengemudi mobil harus berhenti dan memulai lagi laju mobilnya setiap kilometer karena kepadatan lalu lintas. Jakarta menjadi kota paling buruk dalam hal kemacetan di antara kota-kota besar di 78 negara. Jakarta bergabung dalam 10 besar kota-kota di dunia yang mempunyai tingkat kemacetan terburuk, yakni Istanbul di Turki (32.520), Mexico City di Meksiko, (30.840), Surabaya (29.880), St Peterburg di Rusia (29.040), Moscow di Rusia (26.680), Roma di Italia (26.680), Bangkok di Thailand (27.480), Guadalajara di Meksiko (24.840), serta Buenos Aires di Argentina (23.760).

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak menampik bahwa Jakarta merupakan kota paling macet. Bahkan, ia menyebut kemacetan di Jakarta memang mengerikan.

‎"Jakarta memang paling macet. Memang mengerikan (kemacetan) Jakarta. Memang parah," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (5/2).

‎Untuk mengatasi persoalan macet, Ahok akan memperbaiki pembangunan mass rapid transit (MRT). Karena, proyek itu sudah mandek selama bertahun-tahun. "Target kita 2016 akhir bus rapid transit sudah oke," ujarnya.

‎Selain MRT, Ahok juga berencana untuk memperbaiki halte TransJakarta dengan cara menerapkan sistem e-ticketing. "Kita lagi maksakan e-ticketing. Itu tujuannya penumpang bisa kita atur," tuturnya.

Ahok juga merencanakan untuk menambah bus TransJakarta. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong sistem e-catalog. Sistem ini diyakini akan memudahkan peserta lelang untuk merealisasikan proyek. Dengan sistem itu, dinas tinggal membeli secara online tanpa tender.

‎"Karena pembelian bus tahun lalu bermasalah, kita lagi dorong e-catalog. Mau Scania, mau Hino sudah lengkap, dan tinggal produksi akhir tahun yang Scania aja bisa masuk sampai 80," tandas Ahok.(gil/jpnn)

TAGS   Jakarta macet
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini