Kembangkan Bandara Soetta, AP II Kucurkan Rp 625 miliar

Kembangkan Bandara Soetta, AP II Kucurkan Rp 625 miliar
Ilustrasi. Foto dok Indopos/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - PT Angkasa Pura (AP) II menginvestasikan Rp 625 miliar untuk pengembangan sisi udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Investasi itu dikucurkan untuk meningkatkan kapasitas landas pacu atau runway hingga bisa melayani sebanyak 86 penerbangan per jam.

Adapun pengembangan yang dilakukan antara lain perluasan beberapa wilayah apron dan taxiway di zona utara dan selatan, kemudian penambahan jalur penghubung taxiway serta penambahan satu rapid exit taxiway di zona utara.

"Total, ada 12 proyek pengembangan sisi udara yang tengah dilakukan saat ini," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Diharapkan seluruh proyek tersebut bisa tuntas sesuai jadwal, sehingga program peningkatan kapasitas runway menjadi 86 penerbangan per jam bisa diimplementasikan pada akhir tahun ini atau paling lambat tahun depan.

“Tujuan pengembangan di sisi udara, selain memperlancar arus lalu lintas pesawat ketika berada di darat, juga demi faktor keselamatan sehingga program IRC 86 bisa diterapkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Awaluddin.

Selain pengembangan sisi udara untuk implementasi IRC 86, di Bandara Internasional Soekaro-Hatta juga telah dimulai pembangunan infrastruktur, yang juga berada di sisi udara yakni east cross taxiway yang menghubungkan runway utara dan selatan.

Dalam waktu dekat, pengembangan lainnya sisi udara juga akan dilakukan yaitu pembangunan runway ketiga.(chi/jpnn)


PT Angkasa Pura (AP) II menginvestasikan Rp 625 miliar untuk pengembangan sisi udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News