Kembangkan Potensi Wisata Bahari, Tjahjo: Infrastruktur Penting Dibenahi

Kembangkan Potensi Wisata Bahari, Tjahjo: Infrastruktur Penting Dibenahi
Mendagri Tjahjo Kumolo meninjau arena pameran promosi kerajinan rakyat Lembata, Nusa Tenggara Timur, menjelang puncak peringatan Hari Nusantara 2016, yang dipusatkan di Pelabuhan Loweleba, Lembata, Selasa (13/12). FOTO: Ken Girsang/jpnn.com

jpnn.com - LEMBATA - Kekayaan alam Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai sebuah provinsi kepulauan, sangat luar biasa. Tidak saja dari potensi perikanan, keindahan panorama alamnya juga sangat menawan.

Luar biasanya, potensi-potensi tersebut menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, tidak hanya terdapat di NTT. Namun juga provinsi-provinsi lain di Indonesia, terutama di wilayah Indonesia timur.

Karena itu, kata Tjahjo, harus terus dikembangkan dan dikelola dengan baik sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana cita-cita Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Untuk mengembangkannya, infrastruktur penting dibenahi. Seperti di sini, runway bandaranya perlu diperpanjang. Karena potensinya luar biasa. Ada gunung berapi, laut dalam, dan lain-lain. Arahan presiden, intinya pembangunan tol laut, kemaritiman, perbatasan untuk menggerakkan potensi masyarakat," ujar Tjahjo saat meninjau arena pameran promosi kerajinan rakyat Lembata, Nusa Tenggara Timur, Senin (12/12) petang.

Selain infrastruktur, pemerintah pusat dan daerah kata Tjahjo, juga harus benar-benar dapat bersinergi dengan baik. Kemudian kepala daerah juga harus dapat mengorganisir potensi masyarakat. Terutama untuk pengembangan tujuan wisata.

"Ini penting, supaya pertumbuhan di daerah bergerak. Selain itu juga penting sinergi antardaerah, karena dengan ada konektivitas, maka pertumbuhan ekonomi akan cepat," tutur Tjahjo di arena pameran, jelang peringatan Hari Nusantara 2016 yang dipusatkan di Lembata.(gir/jpnn)


LEMBATA - Kekayaan alam Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai sebuah provinsi kepulauan, sangat luar biasa. Tidak saja dari potensi perikanan, keindahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News