Kembangkan Pusat Bibit Cabai dan Sayuran di Kantor BPTP

Kembangkan Pusat Bibit Cabai dan Sayuran di Kantor BPTP
Amran Sulaiman (putih). Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar rapat memantapkan kerja sama memanfaatkan pekarangan dan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) di Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Jakarta, Rabu (18/1).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan TP PKK sepakat mengembangkan pusat bibit cabai dan sayur-mayur di 34 kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Seluruh indonesia.

Dia mengatakan, potensi lahan pekarangan yang ada di Indonesia mencapai 10,3 juta hektare.

Bila lahan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal, dirinya optimistis dapat menyelesaikan permasalahan kenaikan harga beberapa komoditas.

"Kami bersama PKK akan memanfaatkan seluruh BPTP melakukan pembibitan seperti cabai, sayur, dan buah-buahan tertentu yang diperuntukkan perkarangan rumah tangga yang memungkinkan untuk ditanami," ujar Amran.

 "Sebagai target awal akan didistribusikan bibit untuk sepuluh juta rumah tangga", tambah Amran.

Amran menambahkan, bibit-bibit tersebut akan diberikan gratis untuk ditanam di pekarangan rumah anggota PKK di seluruh Indonesia.

Selain itu, juga akan diberikan pendampingan dari 1000 penyuluh yang ada di desa dan kabupaten.

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar rapat memantapkan kerja sama memanfaatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News