Kembangkan Sistem Teknologi Nasional, Kemenhub Gandeng BPPT

Kembangkan Sistem Teknologi Nasional, Kemenhub Gandeng BPPT
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - CENGKARENG - Kementerian Perhubungan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah melakukan kerjasama untuk pengembangan sistem teknologi nasional di sektor transportasi.

Adapun, kerjasama ini untuk mengembangkan sistem navigasi berbasis satelit di bandara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir tela  meninjau langsung peralatan sistem Automatic Dependent Surveillance - Broadcast (ADS-B) yang telah diuji coba di Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC).

Pada kesempatan itu Budi mengapresiasi BPPT yang telah berhasil mengembangkan alat penginderaan udara.

Sebab, selama ini alat tersebut masih diimpor dari luar negeri.

“Ini (ADS-B) adalah hasil karya anak bangsa, kami bangga dan mengapresiasi  BPPT yang sudah bisa mengembangkan alat ADS-B yaitu alat penginderaan udara yang selama ini masih impor," ujar Budi, Rabu (7/12).

Saat ini teknologi ADS-B telah diuji coba di dua bandara yaitu Bandara Hussein Sastranegara Bandung dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Di mana hasil pengujiannya dinyatakan baik oleh Kemenhub. Karena itu, lanjut Budi, dalam waktu dekat Kemenhub akan segera mengeluarkan sertifikasi.  

CENGKARENG - Kementerian Perhubungan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah melakukan kerjasama untuk pengembangan sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News