Kemehub-Kemendag Jalin Sinergi dalam Sistem Logistik

Kemehub-Kemendag Jalin Sinergi dalam Sistem Logistik
Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Perdagangan saling bersinergi terkait sistem Logistik Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sistem logistik Indonesia harus sesuai dengan visi logistik Indonesia 2025 yang tercantum dalam Perpres Nomor 26 Tahun 2012 tentang cetak biru pengembangan sistem logistik nasional.

“Sistem logistik Indonesia sudah menjadi bagian keseharian kita, visinya adalah terwujudnya sistem logistik yang terintegrasi secara lokal, terhubung secara global untuk meningkatkan daya saing nasional dan kesejahteraan rakyat,” papar Menhub.

Terkait dengan dukungan untuk distribusi logistik, Kemenhub saat ini telah menjalankan program tol laut, yang kemudian dipadukan dengan Rumah Kita yang berfungsi sebagai gudang logistik agar distribusi ke masyarakat bisa berjalan lancar.

Rumah Kita juga berfungsi untuk menampung barang dan hasil produksi dari masyarakat yang akan dijual ke daerah lain. Di samping itu Kemenhub juga memadukan tol laut dengan jembatan udara untuk mendukung kebijakan satu harga, khususnya di wilayah Papua.

Untuk mempermudah keluar masuk kapal di pelabuhan, Budi memaparkan tentang Inaportnet yang bisa mempermudah pengawasan, efisiensi waktu dan meminimalisir biaya.

“Jadi cukup menggunakan satu aplikasi untuk mengajukan permohonan keberangkatan kapal dan pembayaran PNBP. Ke depan kiranya aplikasi ini dapat terintegrasi dengan Indonesia National Single Window agar semakin mempermudah distribusi logistik nasional,” kata Budi.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Perdagangan saling bersinergi terkait sistem Logistik Indonesia.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News