Kemendag Pantau Pasar, Harga Sembako Stabil

Kemendag Pantau Pasar, Harga Sembako Stabil
Pasar tradisional. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com – Jelang pergantian tahun, Kementerian Perdagangan terus memantau pergerakan harga-harga kebutuhan pangan di pasaran.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita turun langsung guna memastikan harga dan ketersediaan pangan tetap stabil menjelang pergantian tahun.

Dia juga menugaskan para Pejabat Eselon I dan Eselon II Kemendag menyebar ke beberapa daerah memantau perkembangan harga, kondisi distribusi, dan ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok.

“Hasil pantauan menunjukkan perkembangan harga barang kebutuhan pokok menjelang Tahun Baru di daerah umumnya relatif stabil. Ketersediaan pasokan di distributor cukup dan aman serta kondisi distribusi di pelabuhan berjalan lancar,” tegas Mendag Enggar di Jakarta, Jumat (30/12).

Dijellaskan, dari pemantauan tersebut, tampak harga beras, gula, dan daging sapi stabil, bahkan cenderung turun.

Sementara harga beberapa produk hortikultura seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, dan bawang merah mulai bergerak turun. Komoditas lain yang secara intensif dipantau Kemendag adalah daging ayam dan minyak goreng.

Pemantauan dilakukan di sejumlah pasar yang menjadi sentral perdagangan barang kebutuhan pokok seperti di Semarang (Pasar Bulu, Johar, Peterongan, Gayamsari, Karangayu), Surabaya (Pasar Keputran Utara, Tambak Rejo, Wonokromo, Pucang Anom, Genteng), Serang (Pasar Rau dan Lama), Denpasar (Pasar Badung, Kreneng, Nyanggelan), dan Padang (Pasar Raya, Lubuk Buaya).

Enggar memastikan, Kemendag akan menjaga komoditas yang harganya turun agar harganya tidak semakin rendah dan mencari titik keseimbangan antara harga di tingkat produsen/petani dan harga jualnya di tingkat konsumen.

JPNN.com – Jelang pergantian tahun, Kementerian Perdagangan terus memantau pergerakan harga-harga kebutuhan pangan di pasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News