Kemendagri Gelar Acara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kemendagri Gelar Acara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang bulan Juni 2016 ini.

Hal tersebut dilakukan untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara.

“Diharapkan melalui kegiatan seperti ini dapat mengingatkan kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di berbagai aspek kehidupan,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Dodi Riyadmadji.

Rabu pagi tepat tanggal 1 Juni, akan dilakukan Apel Bendera di halaman Kemendagri dengan Inspektur Upacara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. 

Dilanjutkan malam harinya kegiatan dengan tajuk “Indonesia Bersyukur” di Tugu Proklamasi Jakarta bersama Aliansi Organisasi Masyarakat, yang dikoordinir oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf.

Acara tersebut akan diisi dengan Pembacaan Komunike Bersama, Pernyataan Sikap Masyarakat Budaya pimpinan Begug Poernomosidi, Ucapan Syukur Aliansi Ormas Sosial Keagamaan, Pemuda dan Mahasiswa yang diwakili oleh Ketua Umum PBNU, Ketua Umum KAHMI dan Ketua Umum FKPPI dan Pemberian Penghargaan kepada Mantan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Mendagri. 

“Pada kesempatan tersebut, diagendakan putri Proklamator Kemerdekaan RI Ibu Megawati akan menyampaikan amanatnya,” ujar Dodi, selaku Juru Bicara Kemendagri itu.

Acara dilanjutkan dengan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan menghadirkan 8 (delapan) Dalang, 17 (tujuh belas) Pesinden dan 45 (empat puluh lima) Pengrawit.  “Kemudian, pada tanggal 4 Juni, kembali digelar Wayang Golek di Halaman IPDN Jatinangor, Jawa Barat,” terang Dodi.

JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News