Kemendikbud dan Kemenko Kemaritiman Kolaborasi Festival Film Pendek

Kemendikbud dan Kemenko Kemaritiman Kolaborasi Festival Film Pendek
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Foto: youtube

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman meluncurkan Festival Film Pendek tentang Kemaritiman.

Kompetisi film pendek untuk kategori umum dan pelajar ini diharapkan dapat membangun kecintaan generasi muda pada budaya maritim.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan, banyak tujuan dan sasaran yang bisa dicapai dengan festival film pendek kemaritiman ini.

Selain untuk menyalurkan energi generasi muda untuk berekspresi dan berkarya, festival ini diharapkan dapat mendorong promosi budaya kemaritiman yang juga penting untuk pariwisata.

"Tidak bisa dilupakan bahwa untuk membangun budaya maritim adalah melalui kebudayaan. Kebutuhan yang paling mendesak saat ini adalah membangun narasinya," kata Hilmar, Rabu (26/7)).

Tantangan bagi peserta adalah menghasilkan karya kreatif yang terkait dengan kemaritiman.

Dua tema yang dapat diangkat oleh peserta kompetisi adalah Potensi Kemaritiman Indonesia dan Selamatkan Laut Indonesia.

Melalui dua tema tersebut, peserta diajak untuk bebas berkreasi dalam menghasilkan karya-karya yang membangkitkan kesadaran akan pentingnya sektor kemaritiman bagi masyarakat Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman meluncurkan Festival Film Pendek tentang Kemaritiman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News