Kemenhub Terjunkan Tim Khusus Awasi Keselamatan Pelayaran

Kemenhub Terjunkan Tim Khusus Awasi Keselamatan Pelayaran
Kapal Feri ASDP. Foto: Pojokpitu/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerjunkan tim khusus untuk mengawasi keselamatan pelayaran. Sejumlah titik seperti Danau Toba, Ambon dan Pulau Selayar menjadi lokasi pengawasan.

“Selain di danau Toba, saya juga juga telah menugaskan jajarannya untuk turun langsung ke Ambon dan Pulau Selayar,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, Jumat (7/6).

Bertindak sebagai Ketua Tim Pemantauan Transportasi Penyeberangan di Ambon yaitu Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Kemenhub Cris Kuntadi.

Sementara Ketua Tim di Pulau Selayar yaitu Staf Ahli Menhub Bidang Teknologi, Lingkungan, dan Energi Prasetyo Boeditjahjono. Sedangkan sebelumnya, telah diterjunkan Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Umar Aris sebagai Ketua Tim di Danau Toba.

BACA JUGA: Watimpres dan DPR Puji Kesigapan Kemenhub Tangani Mudik Lebaran 2019

Menhub menjelaskan, ketiga daerah tersebut merupakan tempat yang banyak digunakan untuk melayani pelayaran rakyat pada hari-hari besar seperti Idulfitri. Untuk itu, diperlukan pengawasan yang ekstra ketat.

“Ini merupakan bentuk antisipasi kami untuk mencegah terjadinya accident yang tidak kita inginkan,” ungkap Budi.

Pengawasan yang akan dilakukan oleh tim tersebut di antaranya memastikan manifes penumpang sesuai, memeriksa kelengkapan surat atau buku pelaut, memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung, dan juga mengajak Pemerintah Daerah untuk ikut serta mengawasi. (tan/jpnn)


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerjunkan tim khusus untuk mengawasi keselamatan pelayaran. Sejumlah titik seperti Danau Toba, Ambon dan Pulau Selayar menjadi lokasi pengawasan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News