Kemenkop Beri Ruang ke Desainar Pemula Pamerkan Karya

Kemenkop Beri Ruang ke Desainar Pemula Pamerkan Karya
Hasil rancangan para desainer pemula yang dipajang di Rumah Desain SMESCO, Jakarta Selatan. Foto: Kemenkop UKM

jpnn.com - Fasilitas Rumah Desain di Gedung Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ternyata semakin memikat pelaku industri busana. Sebab, kini semakin banyak kegiatan yang digelar di Rumah Desain yang diresmikan pada Fabruari lalu itu.

Kini Rumah Desain Smesco sering menjadi lokasi fashion show, pelatihan, merancang busana, hingga menjamu pengunjung melalui program personal stylist atau memberikan tips untuk memadukan busana terkini. Kementerian Koperasi dan UKM yang membawahi Smesco pun mengharapkan keberadaan Rumah Desain itu semakin bermanfaat.

Direktur Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop UKM Ahmad Zabadi menyatakan, Rumah Desain itu bisa menjadi ajang bagi desainer untuk berinovasi. Harapannya, karya-karya yang terlahir di Rumah Desain menjadi produk unggulan yang bisa menembus pasar global.

’’Kami berharap akan lahir trend fashion yang baru. Selain itu, memunculkan trendsetter bagi para penikmat fashion agar menjadikan Rumah Desain sebagai tempat untuk berinovasi dan memadukan gaya busana baru,’’ ujarnya sebagaimana siaran pers Kemenkop UKM, Senin (20/3).

Rumah Desain tersebut merupakan bentuk kerja sama LLP-KUKM dengan berbagai stakeholder. Salah satunya sekolah mode, Esmod Jakarta.

Zabadi mengapresiasi kerja sama dengan Esmod Jakarta. Sebab, Esmod memberikan dukungan dengan mendesain layout Rumah Desain. ’’Makanya, kami berikan tempat ini (Rumah Desain, red) menjadi rumahnya para desainer Indonesia,’’ tuturnya.

Managing Director Esmod Jakarta Ricardo Leatemia menuturkan, pihaknya memutuskan untuk bekerja sama dan membantu mendukung visual merchandising Rumah Desain. Tujuannya tidak hanya untuk memberi ruang bagi karya desainer untuk dipajang di Rumah Desain, tapi juga menyediakan pelatihan dan advokasi kepada perancang baru.

’’Esmod merupakan sekolah desain tertua di dunia dan Indonesia. Ya, kami sudah berusia 22 tahun. Karena itu, sangat senang sekali dipercaya LLP-KUKM sebagai pengelola Smesco Indonesia untuk memberikan warna dan terus berinovasi terhadap perkembangan fashion,’’ ucapnya.

Fasilitas Rumah Desain di Gedung Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ternyata semakin memikat pelaku industri busana. Sebab, kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News