Kemenpar akan Sebar Virus GenPI di Ambon

Kemenpar akan Sebar Virus GenPI di Ambon
Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan terus menggenjot media Generasi Pesona Indonesia (GenPi). Awal Februari nanti, GenPI akan terbentuk di Ambon, persis di Hari Pers Nasional (HPN), 5 hingga 9 Februari mendatang.

“Inilah salah satu bentuk komitmen kami untuk menghidupkan media social di anak-anak muda Ambon,” kata Menpar Arief Yahya yang sedang mendampingi Wapres Jusuf Kalla di Tana Toraja, Sulawesi Selatan itu.

Buat Arief, Go Digital itu harga mati. Tidak bisa ditawar-tawar, karena dia meyakini Indonesia akan sangat kuat di creative economy. Kalau manufacture, sudah pasti KO dengan Tiongkok. “Di creative economy, kita bisa bersaing. Produk kita bagus-bagus, dan bisa diboyong ke level dunia,” papar dia.

”Ini menjadi bagian dari strategi kami. GenPI merupakan generasi millennial yang mempunyai kemampuan lebih dalam dunia internet. Ini generasi berbasis komunitas yang memililiki aktivitas rutin dan aktif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia baik melalui blog, media sosial dan lain-lain kepada masyarakat luas,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti.

Seperti diketahui, GenPI sudah dibentuk sejak tahun 2016 dan langsung jalan di empat daerah di Tanah Air. Keempat daerah tersebut adalah Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh, dan NTB. ” Nah, kini sudah bertambah di Maluku kami melakukan pembentukan GenPI wilayah bersamaan dengan momentum HPN 2017. Launching akan dilakukan bertepatan dengan kegiatan seminar bertajuk strategi pemasaran pariwisata yang akan disampaikan oleh pakar marketing Hermawan Kertajaya bersama Kemenpar pada tanggal 7 Februari nanti,” beber Esthy.

Dia menjelaskan, tahun ini Kemenpar melalui Asdep SP2N akan terus mengembangkan virus GenPI dengan pembentukannya di beberapa provinsi lainnya di Indonesia secara bertahap pastinya untuk provinsi atau kota berikutnya.

Lebih lanjut wanita berhijab itu memaparkan, generasi muda ini merupakan salah satu strategi untuk mensukseskan kebijakan strategi pemasaran pariwisata nusantara. Apalagi, imbuh Esthy, dalam perhelatan HPN nanti, Kemenpar melaksanakan program kegiatan Optimalisasi Target Pasar Wisata Tematik Jalur Rempah yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang wisata tematik jalur rempah.

”Ini kami gelorakan melalui pembentukan Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Terkait dengan kegiatan ini, diharapkan generasi millennial dapat ikut mempromosikan wisata jalur rempah dengan segala potensinya dan ikut serta mempromosikan pariwisata Indonesia secara intensif dan berkelanjutan di Digital,”ujar wanita murah senyum itu.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan terus menggenjot media Generasi Pesona Indonesia (GenPi). Awal Februari nanti, GenPI akan terbentuk di Ambon,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News