Kemenperin Gandeng Swasta Pecut Pasar IKM Berbasis Digital

Kemenperin Gandeng Swasta Pecut Pasar IKM Berbasis Digital
Nota kerjasama antara Ditjen IKM Kemenperin dan Dusdusan Ditcom Indonesia. (Foto: Ist for JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian RI menggandeng Dusdusan Dotcom Indonesia (Dusdusandotcom) sebagai platform reseller untuk mengembangkan pasar industri kecil dan menengah berbasis ekonomi digital.

Nota kerjasama tersebut ditandatangani Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dengan Co-Founder Dusdusandotcom Christian Kustedi di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta, Kamis (6/9).

Sektor industri global saat ini tengah memasuki era industri 4.0. Dalam era ini, digitalisasi mendominasi dalam banyak aspek, salah satunya strategi pemasaran produk.

Pemerintah tengah menyoroti IKM agar dapat bersaing di kancah global. Untuk mewujudkan rencana tersebut, pemerintah meyakini perlunya kolaborasi antara IKM dengan para pelaku industri digital.

“Kami sangat mendukung pemerintah dalam rangka pengembangan dan perluasan pasar IKM berbasis ekonomi digital. Kami memberikan kesempatan bagi IKM agar dapat mempromosikan produk-produknya pada platform kami untuk memperluas pasar IKM. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat menjadi solusi guna meningkatkan laju pertumbuhan pasar IKM di Indonesia,” ujar Co-Founder Dusdusandotcom Christian.

Implementasinya, Dusdusandotcom (dusdusan.com) akan melakukan pendampingan kegiatan pelatihan berbasis digital yang diselenggarakan Ditjen IKM.

“Kami akan memberikan pendampingan mengenai strategi pemasaran untuk para IKM agar mereka lebih matang dalam segi pemasaran produk berbasis digital," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan sebanyak 4 juta unit usaha IKM tidak luput dari era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pemberdayaan IKM melalui pemanfaatan teknologi.

Ditjen IKM Kemenperin menggandeng Dusdusandotcom sebagai platform reseller untuk mengembangkan pasar industri kecil dan menengah berbasis ekonomi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News