Kemensos Kirim Bantuan untuk Warga Korban Banjir di Sultra

Kemensos Kirim Bantuan untuk Warga Korban Banjir di Sultra
Proses pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial bagi korban banjir di Provinsi Sulawesi Tenggara, Minggu (16/6). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial mengirim dan menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Bantuan logistik tahap pertama sudah mengalir ke Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Kolaka Timur semoga dapat meringankan beban warga terdampak bencana banjir," terang Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Minggu (16/6).

Agus mengatakan, bantuan Kementerian Sosial dikirim dari Gudang Regional Timur di Makassar telah berada di Dinas Sosial Provinsi Sultra. Selanjutnya dinsos provinsi mengirimkan bantuan ke kabupaten sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masing-masing daerah.

Dijelaskan, selain bantuan dalam bentuk logistik, Kementerian Sosial juga telah menerjunkan Tim Layanan Dukungan Psikososial dan Tim Layanan Dapur Umum di sejumlah titik terdampak banjir.

"Salah satunya di Posko Pengungsian di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara. Sebanyak 35 Tagana Provinsi Sultra dan dibantu Tagana Kabupaten Konawe Utara mendirikan dapur umum yang melekat dengan layanan dukungan psikososial," tuturnya.

BACA JUGA: Mentan Bantu Korban Banjir di Tujuh Kabupaten Sulsel

Dapur Umum ini melayani kebutuhan makan pengungsi dan relawan kebencanaan. Dalam satu kali produksi, dapur umum menyiapkan 2.700 porsi makanan untuk melayani lebih dari 1.500 pengungsi.

Sementara untuk LDP bagi pengungsi khususnya anak-anak di pengungsian. Layanan ini diberikan oleh Tim LDP Kementerian Sosial, Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan relawan lainnya.

Bantuan tahap pertama dari Kemensos sudah dikirim ke sejumlah lokasi pengungsian korban banjir di Sultra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News