Kementan Minta Peternak Sapi Perah Sasar Kuliner

Kementan Minta Peternak Sapi Perah Sasar Kuliner
Sapi Perah. Ilustrasi Foto: dok.Radar Surabaya/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meminta peternak sapi perah untuk meningkatkan kualitas produk susu. Hal ini guna menyasar industri kuliner yang belum digarap serius oleh peternak sapi.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Fini Murfiani mengatakan, Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia untuk populasi penduduknya. Seiring dengan kesadaran akan kebutuhan protein hewani, maka kebutuhan susu di dalam negeri juga meningkat.

“Bisa dilihat saat ini banyak kuliner dan restoran yang menyajikan makanan dan minuman berbahan susu segar. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi peternak untuk mengembangkan usahanya sekaligus mengembangkan pasar sebagai produsen susu di dalam negeri,“ kata Fini.

Menurutnya, jika konsumsi produk susu segar meningkat, maka secara otomatis susu dari dalam negeri akan terserap dan sebagai protein asal ternak. Susu segar adalah produk terbaik untuk dikonsumsi langsung dengan melalui proses pasturisasi maupun UHT sebagai bahan baku industri.

"Susu merupakan bahan pangan yang rentan rusak, sehingga tentunya lebih baik jika dipenuhi dari dalam negeri,” ungkapnya. (tan/jpnn)


Kementerian Pertanian (Kementan) meminta peternak sapi perah untuk meningkatkan kualitas produk susu agar bisa lebih maksimal menyasar industri kuliner.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News